Langsung ke konten utama

Palu Bangkit : Pilihan!


"Merealisasikan mimpi adalah akumulasi dari kerja keras, perencanaan yang matang, konsistensi yang tinggi serta kesabaran dalam waktu yang lama. Jika belum memilikinya, renungkan kembali semangatmu!" ¬ Ario Muhammad (Penulis Buku)
Hidup selalu identik dengan pilihan. Jika ada yang diperjuangkan, maka harus ada yang dikorbankan. Begitulah mekanismenya. Tapi tahu tidak, dengan berbagai pilihan itu kita bisa semakin mendewasa. Karena kita belajar menerima resiko dan dampak dari pilihan kita sendiri.

Dalam sehari, kita bisa memutuskan puluhan pilihan. Mulai dari memilih sarapan nasi atau roti. Membaca buku atau webtoon. Menonton sinetron atau berita. Hingga keputusan besar, seperti memilih lanjut kuliah atau bekerja. Wanita karir atau ibu rumah tangga. Pergi atau tetap tinggal.

Keputusan besar selalu identik dengan “Zona Nyaman” dan “Idealisme.” Contohnya, ada begitu banyak orang yang punya impian untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya, namun ada pilihan lain yakni rayuan pekerjaan dengan gaji tetap kadang menggoda hasrat. Pilihannya bertahan dengan “Idealisme” atau memilih berangkat ke “Zona Nyaman.”  

Saya jadi teringat dengan kata-kata seorang kakak. Waktu itu saya kerja di sebuah kantor BUMN (kurang lebih sebulan aja, waktu itu jadi ambassador saja). Saya ketemu dengan para calon karyawan kantor tersebut. Seperti biasa, saya suka sharing. Lebih tepatnya mencuri pengalaman orang lain. Mereka semua ada sekitar 8 sampai 10 orang. Dan semuanya berasal dari univ di Jawa. Ada dari UGM dan beberapa univ ternama lainnya. Singkat cerita, saya bertanya pada seorang calon karyawan, “kakak-kakak ini rata-rata dari univ ternama, kaka pintar terus lulusan termuda juga, kesempatan emas dong buat lanjut ka, kenapa milih kerja?” Dan dijawab, “Ci, suatu saat kamu akan paham, idealis bisa dikalahkan oleh realitas. Menjadi anak pertama, keluarga yang harus dibiayai, kebutuhan hidup. Semua itu adalah realita hidup yang mesti kita jalani. Suatu saat pasti kamu akan paham itu.”

Waktu itu saya masih semester 4 atau 5. Jujur saja, saat itu saya bertanya-tanya, “Apa iya seperti itu?” Dan sekarang saya sudah sangat “Paham” dengan realitas itu. Zona nyaman bukan berarti pilihan yang salah. Yaps, seperti definisi diawal. Bahwa, pilihan selalu membuat kita memperjuangkan satu pilihan dan mengorbankan pilihan yang lain. Tidak mudah tentu mengorbankan impian dan idealime yang sudah lama kita pupuk demi kebahagiaan orang-orang sekitar kita.

Kisah lain datang dari para idealis mimpi yang selalu identik dengan proses panjang dalam mewujudkan impiannya. Kali ini saya ingin membagi kisah dari Mas Ario Muhammad. Penulis hebat dari buku “Notes From England.” Seorang anak kampung dari Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Hidup sederhana tanpa listrik, game online, dan internet. Masa kecilnya dihabiskan bermain di kali, menangkap ikan dengan jala sederhana dan berburu sarang burung di Pohon Hutan Halmahera. Ia tak dibesarkan dengan imajinasi tinggi bisa keliling dunia. Orangtuanya pun begitu. Bagi kedua orangtuanya, sekolah hingga Perguruan Tinggi Negeri, lalu bekerja sebagai PNS sudah lebih dari cukup. Mimpi untuk studi di luar negeri di pupuknya nanti di semester dua. Ia membangun semangat dan mulai bejuang dari titik nol. Belajar Bahasa Inggris hingga apply beragam beasiswa. Setelah perjuangan panjang itu, akhirnya impiannya pun satu persatu terwujud. Mendapatkan beasiswa S2 dari National Taiwan University of Science and Technology dan S3 dari beasiswa DIKTI di Bristol University, Inggris.

Jadi, makna yang dapat kita ambil dari kisah-kisah di atas adalah setiap pilihan yang kita ampil pasti punya tujuan. Dan tujuan itu akan “Pasti” selama kita terus “Bergerak” dengan pilihan kita. Semakin besar pilihan itu, maka semakin besar pula resiko serta pengorbanan yang harus dilakukan. Sehingga kadang kala, kita harus tutup telinga juga mata. Dan fokus pada pilihan tersebut sambil meyakini dalam hati, bahwa setiap pilihan akan mendapatkan hasil yang sesuai.

Referensi : Buku From Notes England Karya Ario Muhammad dan Fissilmi Hamida

#palubangkit
#bermanfaatbersama
#30dwb
#tulisanke12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Januari: Tentang Kehilangan

  Di awal tahun 2024, Allah memberi salah satu pelajaran begitu berharga. Lewat ujian kehilangan. Ini menjadi pengalaman yang akan begitu membekas buatku. Seingatku, ini kali pertama aku menyaksikan tiga orang meninggalkan dunia, di dalam sebuah ruangan yang disebut ICU. Ruangan yang penuh monitor dengan suara teratur. Namun, bisa membuat dada sesak, saat suaranya mulai intens berbunyi. Monitor itu menunjukkan denyut nadi, nafas, tekanan darah, dan suhu seorang pasien. Di tengah ruangan, ada para petugas medis yang akan memantau dan sigap apabila ada tanda tidak beres dari monitor-monitor para pasien.             Jarak antara pasien yang satu dengan yang lain cukup dekat. Hanya ada gorden yang menjadi pembatas. Namun, gorden itu tidak ditutup sepenuhnya, agar tidak menghalangi petugas medis yang ingin memantau monitor. Untuk itu, aku bisa menyaksikan pasien dan keluarganya yang ada di sebelah ataupun di depanku.             Di malam pertama saat berjaga di ruang ICU, aku bisa men

Motivasi untuk Terus Belajar: Kids, This Is Your Mom

Sejak SMA aku punya impian, sebelum menikah, aku ingin menyelesaikan studi S2 terlebih dahulu. Motivasiku saat itu, salah satunya adalah, karena aku ingin menjadi teladan untuk anakku kelak dalam hal pendidikan. Bahwa terus belajar adalah hal penting dalam kehidupan. Ilmu menjadi cahaya dalam bertutur dan berbuat. Keberkahan ilmu akan tercerminkan dari sikap seseorang. Paling tidak, “Semangat Belajar” itu ingin kutumbuhkan dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk ia kelak.  Pengetahuan tidak hanya melulu bicara tentang bangku sekolah ataupun perkuliahan, namun memuat berbagai hal yang menjadi bagian dari proses belajar, tumbuh, dan berkembang. Dalam perjalanan mencapai cita-cita misalnya, ada berbagai pengalaman baru yang dilalui, dan kadang kala membuat takut. Namun keberanian itu kerap kali muncul, salah satunya diilhami dari “peran” sebagai seorang perempuan yang kelak akan menjadi Ibu, madrasah pertama untuk anak-anak, jadi sumber pertanyaan mereka. Untuk itulah, aku perlu untuk m

Yogyakarta: Tour Perpus UGM

Selama kuliah, mayoritas waktuku diisi di Perpustakaan dibanding di dalam kelas. Kuliah empat semester jarak jauh. Sementara semester sisanya untuk penelitian dan mengerjakan tesis di Perpus. Fasilitas di Perpus UGM sangat beragam. Ada banyak fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa. Juga ada banyak ruangan yang tersedia untuk mengakses berbagai layanan, mulai dari akses buku, jurnal, maupun tugas akhir kuliah. Sementara itu, di luar ruangan ada banyak spot tempat duduk yang disediakan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Mulai dari meja panjang untuk ruang diskusi sampai meja yang tampaknya cocok untuk para introvert atau mahasiswa yang ingin fokus mengerjakan tugasnya sendiri. Ada juga kantin, loker, toilet dan mushola yang tersedia di setiap lantai, ruangan yang biasanya digunakan untuk melaksanakan kegiatan/seminar, juga spot bermain anak/balita. Waktu buka Perpus dari Hari Senin-Jum`at (08.00 pagi sampai 08.00 malam). Di hari Sabtu, buka sampai jam 12.00 siang. @perpustakaan_ugm Pe