Langsung ke konten utama

Ramadhan Challenge Part 5 : Kamu Tahu Ada Program Mahasiswa Wirausaha ?




Gak kerasa yah udah puasa kelima aja. Itu artinya, normal puasa untuk sebulan sisa 25 hari lagi. Semoga tetap istiqomah jalankan solat malamnya yo. Semangat :)

 Hari ini plong banget..Yeyy Finally, kelar juga. Setelah stres dengan dua tugas deadline. Akhirnya semua bisa diselesaikan. Thanks God.

Saya mau share sedikit tentang tugas yang sempat buat saya puyeng. Yang pertama itu sih tugas final. Tapi bukan ini yang ingin saya bahas. Tapi, job yang kedua. Yakni proposal (bukan proposal untuk ajukan judul yah). Nama proposal yang saya buat bersama tim kece saya yakni proposal untuk Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia atau biasa dikenal PMW (Program Mahasiswa Wirausaha). Ada yang berbeda dengan programnya ditahun ini sih. Kalau tahun-tahun kemaren PMW itu diseleksi oleh univ, sekarang berbeda. Seleksinya oleh pusat (Dikti). Banyak juga mahasiswa kampus yang bisa membuka usahanya lewat program ini. Misalnya saja Anakuntad Books & Cafe.

Jadi, ini adalah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa, khususnya yang tertarik dengan dunia usaha. Namun sayang, informasi tentang event ini ternyata kurang banyak diketahui oleh mahasiswa. Ada bahkan yang mendapat informasi ini satu hari sebelem deadline. Yah kalau kayak gini sih berarti informasinya yang deadliner bukan orangnya hahaha.

Saya juga dapat informasi, bahwa kampus punya kuota 29 proposal untuk dikirim ke Dikti. Namun, sampai akhir tadi hanya sekitar 15 proposal yang terdaftar (timku yang paling terakhir ngumpulin proposal, untung bapaknya baik, meskipun udah malam tetep dibantuin :) ). Kan rugi aja yah. Padahal banyak ternyata yang gak dapat informasi kegiatan ini.

Dan dapat informasi dekat deadline atau udah deadline itu bukan cuman sekali dua kali doang sih. Contohnya aja kayak Mawapres. Wah ini jarang banget dipublish. Kalu bukan kita sendiri yang nyari yah gak bakal tahu. Bahkan mungkin ada yang gak tau Mawapres itu apa ?

Artinya apa ? Kita sangat kekurangan informasi untuk kegiatan-kegiatan seperti itu. Padahal jika semakin banyak mahasiswa kampus yang mengikuti event ini, maka semakin besar pula jiwa kompetisi dan peluang untuk menang. Dan nama kampus pun dapat naik. Kenapa UGM bisa mengirim sampai lebih dari 2 ribu proposal ? Karena mereka memboomingkan PKM dikampusnya dengan publikasi dimana-mana. Mengapa setiap tahun Untad hanya bisa mengirim puluhan proposal ? Karana bahkan mahasiswanya ada yang gak tahu PKM itu apa.

Yah, ini yang saya rasakan dulu. Ketika melihat kegiatan-kegiatan yang saya tunggu-tunggu ternyata sudah selesai. Kesellah ! Tapi  Alhamdulillah, karena sekarang gabung dengan grup-grup diskusi dan kenal dengan orang-orang yang sempat ikut kegiatan-kegiatan itu, jadinya berbagai informasi bisa kita dapatkan. Tips ini mungkin bisa teman-teman pakai, biar gak dapat informasi deadline lagi yah. 

Gimana dengan kamu ? 

Sering dapat info deadline juga ?

Tetap semangat aja nyari informasi kegiatan dan jangan lupa dishare yah. Jangan sampai kamu pelit informasi hanya karena kamu korban info deadliner yo...haha. 

Karena barangsiapa yang membantu dan memberi kemudahan Saudaranya, maka Allah SWT akan jamin Jannah untuknya. Uhuy :)

#RamadhanChallenge
#30DWB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Januari: Tentang Kehilangan

  Di awal tahun 2024, Allah memberi salah satu pelajaran begitu berharga. Lewat ujian kehilangan. Ini menjadi pengalaman yang akan begitu membekas buatku. Seingatku, ini kali pertama aku menyaksikan tiga orang meninggalkan dunia, di dalam sebuah ruangan yang disebut ICU. Ruangan yang penuh monitor dengan suara teratur. Namun, bisa membuat dada sesak, saat suaranya mulai intens berbunyi. Monitor itu menunjukkan denyut nadi, nafas, tekanan darah, dan suhu seorang pasien. Di tengah ruangan, ada para petugas medis yang akan memantau dan sigap apabila ada tanda tidak beres dari monitor-monitor para pasien.             Jarak antara pasien yang satu dengan yang lain cukup dekat. Hanya ada gorden yang menjadi pembatas. Namun, gorden itu tidak ditutup sepenuhnya, agar tidak menghalangi petugas medis yang ingin memantau monitor. Untuk itu, aku bisa menyaksikan pasien dan keluarganya yang ada di sebelah ataupun di depanku.             Di malam pertama saat berjaga di ruang ICU, aku bisa men

Motivasi untuk Terus Belajar: Kids, This Is Your Mom

Sejak SMA aku punya impian, sebelum menikah, aku ingin menyelesaikan studi S2 terlebih dahulu. Motivasiku saat itu, salah satunya adalah, karena aku ingin menjadi teladan untuk anakku kelak dalam hal pendidikan. Bahwa terus belajar adalah hal penting dalam kehidupan. Ilmu menjadi cahaya dalam bertutur dan berbuat. Keberkahan ilmu akan tercerminkan dari sikap seseorang. Paling tidak, “Semangat Belajar” itu ingin kutumbuhkan dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk ia kelak.  Pengetahuan tidak hanya melulu bicara tentang bangku sekolah ataupun perkuliahan, namun memuat berbagai hal yang menjadi bagian dari proses belajar, tumbuh, dan berkembang. Dalam perjalanan mencapai cita-cita misalnya, ada berbagai pengalaman baru yang dilalui, dan kadang kala membuat takut. Namun keberanian itu kerap kali muncul, salah satunya diilhami dari “peran” sebagai seorang perempuan yang kelak akan menjadi Ibu, madrasah pertama untuk anak-anak, jadi sumber pertanyaan mereka. Untuk itulah, aku perlu untuk m

Yogyakarta: Tour Perpus UGM

Selama kuliah, mayoritas waktuku diisi di Perpustakaan dibanding di dalam kelas. Kuliah empat semester jarak jauh. Sementara semester sisanya untuk penelitian dan mengerjakan tesis di Perpus. Fasilitas di Perpus UGM sangat beragam. Ada banyak fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa. Juga ada banyak ruangan yang tersedia untuk mengakses berbagai layanan, mulai dari akses buku, jurnal, maupun tugas akhir kuliah. Sementara itu, di luar ruangan ada banyak spot tempat duduk yang disediakan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Mulai dari meja panjang untuk ruang diskusi sampai meja yang tampaknya cocok untuk para introvert atau mahasiswa yang ingin fokus mengerjakan tugasnya sendiri. Ada juga kantin, loker, toilet dan mushola yang tersedia di setiap lantai, ruangan yang biasanya digunakan untuk melaksanakan kegiatan/seminar, juga spot bermain anak/balita. Waktu buka Perpus dari Hari Senin-Jum`at (08.00 pagi sampai 08.00 malam). Di hari Sabtu, buka sampai jam 12.00 siang. @perpustakaan_ugm Pe