Langsung ke konten utama

Ramadhan Challange Part 26 : Blog vr Vlog


"Apapun namanya...Apapun medianya...Tidak masalah. Karena kreatifitas tanpa batas!"

Blog vr Vlog...
Hayo yang mana yang menang ?
Mari kita buat perbandingan

Blog...
B-L-O-G merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web (dilansir dari wikipedia).

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002 (saya baru tahu loh ini, wah isi blog saya akhirnya nambah wawasan pembaca juga ðŸ˜†).

Blog ada macam-macamnya juga loh. Nah, kalau blog saya namanya blog pribadi. Jadi isinya tetang keseharian atau kisah sih penulis.

Saya juga baca di wikipedia tentang resiko kejahatan. Gini nih katanya
"Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya." (Baca ini saya jadi flashback isi blog saya yah)

Jadi, buat yang suka tulis blog tetap hati-hati. Silahkan tulis apa yang masih dalam tahap wajar untuk ditulis. Kalau sudah berkaitan dengan hal-hal yang semestinya gak diumbar mending jangan ditulis yah, agar tidak menyesal kedepannya (nasihati diri sendiri nih).

Nah itu penjelasan sedikit tentang blog yang saya kutip dari wikipedia.
Selanjutnya...

Vlog...
V-L-O-G (video blogging) merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama (dilansir dari wikipedia juga). Cuman beda dihuruf B dan V, tapi maknanya jauh sekali yah.

Karena saya agak malas baca penjelasannya yang terlalu panjang, saya mau muat beberapa pertanyaan saja berkaitan tentang blog dan vlog (ala-ala Q & A gitu). Karena ini tulisan saya, jadi yang jawab pertanyaan juga saya (yah saya emang dikenal suka jawab pertanyaan saya sendiri).

Lebih nyaman mana pakai blog atau vlog ?
Kalau saya yah lebih nyaman blog. Karena passionnya memang suka nulis. Jadi, buat kamu yang suka nulis bisa manfaatin blog (bisa hemat kertas juga).

Tapi kalau kita lihat sekarang, vlog lebih populer yah dibanding blog. Kamu tidak hanya bisa ngevlog via youtube saja, tapi ada beberapa media sosial pun yang ikut mendukung. Misalnya kayak insta story atau siaran langsung di facebook. Mungkin karena memang sekarang orang pada jamannya eksis, jadi ngevlog itu lagi happaning sekali. Dan kamu gak mesti capek-capek nulis, cukup modal bicara saja.

Next...
Lebih banyak dapat untung (uang) pakai blog atau vlog ?
Nah, kalau ini saya kurang tahu. Karena saya sendiri pun baru aktif lagi ngeblog (sarang laba-laba blogku baru kelar dibersihin pula). Selain itu juga saya belum kepikiran tentang untung tidaknya. Masih mau permak blog dulu biar lebih enak dilihat dan frash.
Tapi sebenarnya, blog juga bisa menguntungkan lewat iklan, seperti iklan adsense, posting berbayar, atau kiriman tautan.

Nah, kalau vlog juga bisa menguntungkan seperti blog. Lewat iklan adsense pula bisa. Selain itu juga, bisa dengan content yang disajikan dalam vlog tersebut. Misal review dan promo suatu produk (sistem endorse gitu). Nah, para vlogger juga biasanya  minta untuk subscibe channel youtube mereka. Karena, semakin banyak yang subscribe pedapatan mereka juga bisa semakin tinggi. Pihak yang ingin beriklan pun juga akan semakin banyak.

Next...
Siapa yang menang ?
Tidak ada yang menang dan kalah sih. Atau tidak ada yang unggul dan paling diunggulkan kalau menurutku. Karena kalau kita lihat dari sisi manfaat semuanya bermanfaat. Buat pengguna blog, tentu bisa buat dia berlatih khusunya dalam kepenulisannya. Dan untuk vlog pun juga pasti punya manfaat dengan content-content yang mereka bagi. Ada pegiat blog yang sukses jadi penulis best seller. Ada juga vlogger yang sukses jadi artis.

So, apapun namanya. Apapun medianya. Tidak masalah. Karena kreatifitas tanpa batas !

#RamadhanChallange
#30DWB
#NulisRundom2017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Januari: Tentang Kehilangan

  Di awal tahun 2024, Allah memberi salah satu pelajaran begitu berharga. Lewat ujian kehilangan. Ini menjadi pengalaman yang akan begitu membekas buatku. Seingatku, ini kali pertama aku menyaksikan tiga orang meninggalkan dunia, di dalam sebuah ruangan yang disebut ICU. Ruangan yang penuh monitor dengan suara teratur. Namun, bisa membuat dada sesak, saat suaranya mulai intens berbunyi. Monitor itu menunjukkan denyut nadi, nafas, tekanan darah, dan suhu seorang pasien. Di tengah ruangan, ada para petugas medis yang akan memantau dan sigap apabila ada tanda tidak beres dari monitor-monitor para pasien.             Jarak antara pasien yang satu dengan yang lain cukup dekat. Hanya ada gorden yang menjadi pembatas. Namun, gorden itu tidak ditutup sepenuhnya, agar tidak menghalangi petugas medis yang ingin memantau monitor. Untuk itu, aku bisa menyaksikan pasien dan keluarganya yang ada di sebelah ataupun di depanku.             Di malam pertama saat berjaga di ruang ICU, aku bisa men

Motivasi untuk Terus Belajar: Kids, This Is Your Mom

Sejak SMA aku punya impian, sebelum menikah, aku ingin menyelesaikan studi S2 terlebih dahulu. Motivasiku saat itu, salah satunya adalah, karena aku ingin menjadi teladan untuk anakku kelak dalam hal pendidikan. Bahwa terus belajar adalah hal penting dalam kehidupan. Ilmu menjadi cahaya dalam bertutur dan berbuat. Keberkahan ilmu akan tercerminkan dari sikap seseorang. Paling tidak, “Semangat Belajar” itu ingin kutumbuhkan dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk ia kelak.  Pengetahuan tidak hanya melulu bicara tentang bangku sekolah ataupun perkuliahan, namun memuat berbagai hal yang menjadi bagian dari proses belajar, tumbuh, dan berkembang. Dalam perjalanan mencapai cita-cita misalnya, ada berbagai pengalaman baru yang dilalui, dan kadang kala membuat takut. Namun keberanian itu kerap kali muncul, salah satunya diilhami dari “peran” sebagai seorang perempuan yang kelak akan menjadi Ibu, madrasah pertama untuk anak-anak, jadi sumber pertanyaan mereka. Untuk itulah, aku perlu untuk m

Yogyakarta: Tour Perpus UGM

Selama kuliah, mayoritas waktuku diisi di Perpustakaan dibanding di dalam kelas. Kuliah empat semester jarak jauh. Sementara semester sisanya untuk penelitian dan mengerjakan tesis di Perpus. Fasilitas di Perpus UGM sangat beragam. Ada banyak fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa. Juga ada banyak ruangan yang tersedia untuk mengakses berbagai layanan, mulai dari akses buku, jurnal, maupun tugas akhir kuliah. Sementara itu, di luar ruangan ada banyak spot tempat duduk yang disediakan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Mulai dari meja panjang untuk ruang diskusi sampai meja yang tampaknya cocok untuk para introvert atau mahasiswa yang ingin fokus mengerjakan tugasnya sendiri. Ada juga kantin, loker, toilet dan mushola yang tersedia di setiap lantai, ruangan yang biasanya digunakan untuk melaksanakan kegiatan/seminar, juga spot bermain anak/balita. Waktu buka Perpus dari Hari Senin-Jum`at (08.00 pagi sampai 08.00 malam). Di hari Sabtu, buka sampai jam 12.00 siang. @perpustakaan_ugm Pe